Berlatih Perencanaan (PDSA) Tanaman Pangan Melalui Soal

Mari Berlatih PDSA



1. Dalam proses perbaikan berkesinambungan salah satu kunci nya adalah menggunakan metode yang paling populer, adalah :
a.  PDSA               b.  PDRB               c.APBN                 d.  CCAT               E. CCL

2. Kaizen manajemen yang diterapkan dalam suatu organisasi perusahaan memiliki dua fungsi utama, yaitu :
a. fungsi pemeliharaan dan perbaikan    b. Fungsi algoritma dan determinan       
c. fungsi linear statis dan Perencanaan   d. Fungsi finansial dan relasi        e.fungsi invers

3. Salah satu usaha yang tepat yang ditujukan kepada karyawan agar tingkat compliance(kepatuhan) terhadap Standar Operating Procedure (SOP) meningkat dan berkesinambungan adalah :
a. Pemaksaan kehendak melalui hukuman          
b. Peninjauan renumerasi karyawan
c. Rapat direksi dan komisaris                                    
d. Pelatihan mengenai teknologi,sistem manajemen,dan pembahasan SOP
e. Amandemen Undang-undang ketenagakerjaan

4. Karyawan yang sudah menjalankan pekerjaan sesuai SOP, diperlukannya suatu inovasi agar hasil pekerjaan dapat meningkat secara mutu, berikut pernyataan mengenai inovasi yang paling benar:
a. Perubahan singkat      b.Merubah menjadi sederhana                 c. Berhayal sesuai Intuisi
d. Perbaikan drastis dari investasi sumberdaya   e.Tidak mengerti
  
5. Salah satu inti dari ajaran Kaizen pada perusahaan adalah :
a. Komitmen terhadap kualitas sangat diprioritaskan agar mampu bersaing
b. Komitmen terhadap kuantitas sangat diprioritaskan untuk mendapatkan profit yang tinggi
c. Komitmen pada manajemen untuk mendahulukan rekan bisnis
d. Komitmen pada atasan untuk bertindak          
e. Lebih baik pulang tanpa nyawa dari pada kalah bersaing

6. Kualitas proses pembuatan produk lebih diutamakan dari pada sekedar kualitas produk, adalah sasaran inti dari teori :
a. Sistem Collection Management (SCM)                 b. Collection Installment Ratio (CIR)
c. Quality Cost Delivery (QCD)                                    d. Non Performing Loan (NPL)
e. Post Date Cheque (PDC)

7. Tugas dan wewenang dalam menjalankan fungsi perencanaan dengan persentase terbesar dalam suatu perusahaan adalah :
a. Top Manajemen          b. Midle Manajemen     c. Foreman         d. Arranger         e. Class Cordinator

8. Dalam mendesain atau merancang suatu tugas dan wewenang perlu diperhatikan hal berikut :
a. indikator ukuran kinerja keberhasilan dan sasaran mutu
b. Perbaikan drastis dari investasi sumberdaya
c. Komitmen pada manajemen untuk mendahulukan rekan bisnis
d. Perbaikan drastis dari investasi sumberdaya
e. Pelatihan mengenai teknologi,sistem manajemen,dan pembahasan SOP
   
9. Cara terbaik untuk proses perubahan yang  dihasilkan dari improvisasi adalah ;
a. Trial and error               b. Menganalisa secara detail       c. Mencoba dan menganalisa
d. Chaostic                          e. Paralisis

10. Jika dilakukan proses coba-coba dalam penerapan kebijakan dalam perusahaan akan 
      menghasilkan proses seperti berikut :

  a. Trial and error     >     Chaos        >   terlalu banyak aksi tidak menganalisa

b. Menganalisa detil           banyak berpikir tidak ada aksi
c. Aksi = Reaksi
d. Reaksi >< Proaktif
e. Reduksi ><Oksidasi

11. Peran yang ditujukan dalam pemberian tugas dan wewenang untuk mencoba dan menganalisa di suatu perusahaan adalah untuk mendapatkan :
a. Kekuatan dan Peluang              b. Kelemahan dan Ancaman       c. Hambatan dan rintangan
d. Rugi dan Laba               e. Promosi dan Demosi

12. Suatu cabang dipimpin oleh Branch Manager, dalam hal ini branch manager memegang jabatan  wewenang dan tanggung jawab secara :
a. Strategis          b. Operasional                   c. Komersialisasi               d.Marketing       e.Administrasi

13. Sedangkan dalam suatu cabang jabatan wewenang dan tanggung jawab seorang kepala administrasi adalah :
a. jabatan strategis          b.jabatan penting            c.jabatan operasional                 d.Jabatan koperatif         e. Pejabat Teras
  
14. Dalam teknis menganalisa suatu masalah dalam manajemen kualitas  dikenal salah satunya adalah
a. Collection Installment Ratio (CIR)         b. Quality Cost Delivery (QCD)   
c. Diagram Pareto            d. Non Performing Loan (NPL)                   e.  Marketing

15. Alfredo Pareto adalah seorang tokoh yang memperkenalkan teknik analisa:
a. Penjualan dengan sistem pareto          b.Dealer kontribusi pareto                           c.Diagram pareto
d. tidak ada yang benar                 e. A dan C Benar

16. Pernyataan mengenai analisa berikut yang paling benar mengenai diagram pareto 
      adalah :
a. menjelaskan variasi proses, belum mengurutkan rangking dari variasi terbesar terkecil.
b. membandingkan beberapa kelompok kategori seperti operator, karyawan penjualan,      
    mesinmesin
c. hubungan antara suatu masalah dan kemungkinan penyebabnya
d. merupakan suatu gambar yang mengurutkan klasifikasi data dari kiri ke kanan menurut 
    urutan ranking tertinggi hingga terendah
e. A dan D Benar

17. Prinsip dalam diagram pareto adalah :
a.  20% dari masalah kualitas menyebabkan kerugian sebesar 80%.
b. 80% dari masalah kualitas menyebabkan kerugian sebesar 20%
c. 20% kerugian berasal dari peningkatan keuntungan sebesar 80%
d.Jika menganalisa harus bertindak
e. Tidak bertindak tidak menganalisa

18. Nama lain dari diagram Fishbone adalah :
a. Durian runtuh               b. Diagram Ikan tanpa duri           c. Diagram Ishikawa       
d.Diagram Panah              e. Diagram struktural

19. Penyusunan diagram pareto meliputi beberapa langkah, yaitu :
a. menentukan metode,menentukan satuan, mengumpulkan data, membuat ranking, 
    menghitung frekuensi, membuat diagram batang
b. menentukan metode,menentukan satuan, mengumpulkan data, membuat rencana, 
    menghitung frekuensi, membuat diagram batang
c. menentukan metode,menentukan satuan, mengumpulkan data, membuat rencana, 
    menghitung modal, membuat diagram batang
d. menentukan jabatan,menentukan satuan, mengumpulkan data, membuat rencana, 
    menghitung modal, membuat diagram batang
e. menentukan jabatan,menentukan satuan, mengumpulkan data, membuat rencana, 
    menghitung modal, membuat diagram tengah

20. Diagram Ishikawa menunjukkan faktor sebab akibat, dengan faktor dibawah ini benar kecuali :
a.  Manusia       b.Metode kerja       c.Lingkungan      d.Material              e. Modal

21. Salah satu hasil analisa untuk mencegah terulangnya permasalahan dalam pekerjaan yaitu :
a.  Menetapkan aturan, Menetapkan SOP, Meninjau kembali standar operasi
b. cukup menganalisa dengan mengikuti tindakan atasan
c. Memperbesar skala pengecualian
d. Manusia sering terjadi human error
e. Produksi meningkat dengan meningkatkan tunjangan karyawan


22.







Dari diagram diatas adalah jenis diagram apa, dan apakah masalah besar yang diidentifikasi?
a.Diagram Ishikawa, permasalahan demonstrasi nelayan
b. Diagram tulang ikan, nelayan miskin
c. fish bone diagram, petani miskin
d. Pareto diagram, tukang ojeg miskin
e. Histogram, tukang bangunan pendidikan rendah

23. Metode analisa kuantitatif dapat ditunjukkan dengan menganalisa secara statistik, sedangkan analisa kualitatif dapat menggunakan :
a. Aksi= Reaksi                  b. Analisa intuisi                c. metode ishikawa                       d. planning          e. salah semua

24. Penerapan metode analisa pelayanan dapat dilakukan oleh :
a.orang tertentu              b. Siapa saja       c. balita                 d. Class Cordinator          e. arranger

25. Mengapa diperlukan pelayanan dengan kualitas tinggi?
a. Agar mampu bersaing dengan produk yang sama
b. Agar menjaga stabilitas keuangan
c. Memenuhi kriteria kredit
d. Meningkatkan ketergantungan konsumen

e. Salah semua




Silahkan dilihat Jawabannnya ;
1.a 2.a 3.d 4.d 5.a 6.c 7.a 8.e 9.c 10.a 11.b 12.a 13.c 14.c 15.c 16.d 17.a 18.c 19.a 20.e 21.a 22.b 23.c 24.b 25.a

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obrolan Seputar Perhitungan Hasil Penjualan Ikan Mas

Obrolan Tanam Panen Benih ikan di Kolam Sawah

Obrolan Asal Muasal Ikan Mas di Indonesia